Bagaimana Jika Perusahaan Pailit?

Perusahaan PailitPerusahaan bangkrut disebabkan oleh banyak faktor. Faktor tersebut dapat berasal dari faktor eksternal atau internal perusahaan. Kedua faktor tersebut mengakibatkan ketidakseimbangan neraca perusahaan. Komponen internal perusahaan terdiri dari sumber daya manusia, manajemen, struktur organisasi dan alat-alat produksi. Komponen-komponen tersebut mirip sebuah peralatan mekanik yang saling berhubungan satu sama lain. Turunnya prestasi kerja dari salah satu komponen tersebut mempengaruhi komponen yang lain sehingga kinerja perusahaan jadi buruk.

Kinerja perusahaan yang buruk pada stadium akut membuat status perusahaan pada kategori pailit. Tentunya tak ada satupun perusahaan di dunia ini yang mengharapkan berada di posisi jelek seperti ini. Karena, ini berarti kerugian yang ditanggung oleh perusahaan sangatlah besar. Semua aspek dari perusahaan tersebut mendapat prestasi kerja yang buruk. Butuh waktu yang panjang untuk memperbaiki itu semua.

Perusahaan bangkrut yang disebabkan oleh faktor eksternal perusahaan masih dapat ditanggulangi oleh perusahaan. Faktor eksternal perusahaan yang tidak dapat diprediksi, misal bencana alam. Kerusakan kinerja perusahaan hanya terjadi pada fisik perusahaan. Kerusakan tersebut sudah dijamin oleh pemerintah atau lembaga keuangan asuransi. Sektor produksi hanya berhenti sementara sedangkan sektor keuangan masih terjamin. Penurunan prestasi kerja perusahaan hanya bersifat sementara.

Perusahaan bangkrut yang disebabkan oleh faktor internal perusahaan yang justru menjadi sebuah peluang usaha harus memiliki syarat legalitas hukum. Hal ini terkait dengan neraca keuangan perusahaan dan struktur jajaran organisasi perusahaan. Perusahaan bangkrut akibat kesalahan internal perusahaan memaksa jajaran manajerial dan struktural perusahaan mengalami perombakan. Para pimpinan melakukan negosiasi ulang dengan pemilik modal dan para kreditor. Utang publik yang terlanjur diserap oleh perusahaan harus di-restrukturisasi ulang. Dalam hal ini, perusahaan tidak dapat mengembalikan dana dari beban utang yang ada. Konsekuensi perusahaan yang berada dalam posisi pailit seperti ini yaitu pemberhentian sementara operasional perusahaan. Peluang usaha untuk memperbaiki prestasi kerja perusahaan yang paling dasar ini, terjadi pada saat momen seperti ini.

Opsi perusahaan bangkrut kepada para kreditur dapat berupa konversi utang jadi saham. Perubahan yang terjadi pada perusahaan terletak pada struktur manajemen dan organisasi perusahaan pada level top (atas). Struktur manajemen perusahaan yang baru ini diharapkan mampu memperbaiki prestasi kerja perusahaan. Komposisi pemilik perusahaan menjadi berubah. Proporsi pemilik lama perusahaan jadi susut yang disebabkan oleh masuknya kepemilikan saham yang baru. Bagi pemilik saham baru, kepemilikan saham di perusahaan ini menjadi peluang usaha yang bernilai tinggi. Pemilik saham baru akan menilai lebih untung dibandingkan proses akuisisi, merger atau membuka usaha baru.

Bagi pemilik lama, pengalihan utang jadi saham mengurangi beban kewajiban perusahaan. Neraca keuangan perusahaan menjadi lebih sehat. Beban perusahaan menjadi tanggungan bersama. Kesempatan perusahaan memperbaiki prestasi kerja perusahaan terbuka lebar. Dengan struktur manajemen perusahaan baru dan komposisi kepemilikan saham baru dapat memberi peluang usaha yang besar menarik para investor baru. Para investor baru akan menilai perusahaan tersebut memiliki prospektus yang bagus. Perusahaan sedang pailit bukan berarti perusahaan berada di ambang kehancuran. Sepanjang perusahaan bangkrut tersebut mentaati legalitas hukum dan memiliki aset yang bagus, perusahaan yang sedang pailit akan tetap memiliki peluang usaha yang lebar untuk bertahan. Bahkan, peluang usaha yang ada dapat menciptakan inovasi segar dan baru di segala lini. Inovasi tersebut, antara lain: inovasi manajemen, inovasi produk, inovasi pemasaran dan penjualan.

One comment

  1. kodhim says:

    trus gimana nasib nya kl punya saham kmd perusahaannya pailit…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*